CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Selasa, 20 Januari 2009

GENRE


RECOUNT TEXT

Laporan peristiwa atau kegiatan yang terjadi dimasa lampau

1. Ciri Umum a. Tujuan Komunikatif Teks
Melaporkan peristiwa atau kegiatan dengan tujuan memberitakan atau menghibur

b. Struktur Teks
- Pendahuluan ( Orientation ) Memberikan informasi tentang apa, siapa dimana .dan kapan
- Laporan ( Events ) rentetan peristiwa, kegiatan yang terjadi yang biasanya disampaikan secara berurutan
- Komentar pribadi ( kalau ada )
- Penutup ( Reorientation ) yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang ada

c. Ciri Kebahasaan
Menggunakan :
- Nouns dan pronouns sebagai kata ganti orang, hewan atau benda yang terlibat ,misalnya: David, the monkey, we dsb
- Action verbs atau kata kerja tindakan
- Past tense , misalnya We went to the zoo, She was happy
- Conjunction dan time connectives yang mengurutkan peristiwa , kejadian atau kegiatan misalnya and, but, then, after that dsb
- Adverb dan adverb phrases untuk mengungkap tempat, waktu dan cara misalnya at my house, yesterday, slowly
- Adjectives untuk menerangkan nouns, misalnya beautiful, funny dsb

2. Contoh dari struktur Teks

Going to Restaurant

Pendahuluan Last night we went to a restaurant with my family. It was my dad's
( Orientation ) birthday.


Kegiatan We ate a pizza and salad then ate ice cream with chocolate sauce
( Events )


Penutup After dinner at the restaurant, we went home
( Reorientation )



NARRATIVE TEXT

1. Ciri Umum
a. Tujuan Komunikatif Teks
Menghibur pendengar atau pembaca dengan pengalaman nyata atau khayal. Ciri naratif adalah adanya unsur konflik ( masalah ) dan resolusi ( penyelesaian masalah ) jumlah masalah atau penyelesaiannya mungkin hanya satu, mungkin juga lebih.

b. Struktur Teks
- Orientasi ( Orientation ) Pengenalan tokoh, waktu dan tempat
- Komplikasi ( Complication ) Pengembangan konflik
- Resolusi ( Resoution ) Penyelesaian konflik
- Koda ( Coda ) Perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari Cerita

c. Ciri Kebahasaan
Menggunakan :
- Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita misalnya step sister, housework, dsb
- Adjective yang membentuk noun phrase, misalnya long black hair, two red apples, dsb
- Time connectives dan conjunction untuk mengurutkan kejadian – kejadian, misalnya then, before that, soon, dsb
- Adverb dan adverbial phrases untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa misalnya, here, in the mountain, happily ever after, dsb
- Action verbs dalam past tense, misalnya climbed, stayed, dsb
- Saying verbs yang menandai ucapan seperti : said, told, promised
- Thinking verbs yang menandai pikiran, persepsi atau perasaan tokoh dalam cerita, misalnya thought, understood, felt.

2. Contoh dari struktur Teks
Cinderella

Orientasi Once upon a time there was a girl called Cinderella. She lived with
( Orientation ) her step sisters. They were very bossy. She had to do all the
housework.
Komplikasi One day an invitation to the ball came to the family. Her step
(Complication )sisters would not let her go. Cinderella was sad. The step sisters
went to the ball without her.

Resolusi Fortunately the fairy Godmother came and helped her to get to the
ball The prince felt in love with her and then he married her. They
lived happily ever after.



DESCRIPTIVE TEXT
1. Ciri Umum
a. Tujuan Komunikatif Teks
Mendeskripsikan ciri-ciri sesorang, benda atau tempat tertentu

b. Struktur Teks
1. Pengenalan ( Identification ) benda atau sesuatu yang dideskripsikan.

2. Deskripsi ( Description ) Menggambarkan ciri-ciri benda tersebut, misalnya berasal dari mana, warnanya, ukurannya, kesukaannya dan sebagainya. Deskripsi hanya memberikan informasi mengenai benda atau orang tertentu yang sedang dibahas saja., misalnya deskripsi tentang " My Dog " Ciri-ciri " anjing saya " tersebut dapat berbeda dengan anjing yang lain.

c. Ciri Kebahasaan
Menggunakan
- Noun tertentu misalnya Borobudur temple, my cat, Vanessa Mae
- Simple present tense
- Detailed noun phrase untuk memberikan informasi tentang subjek , misalnya it is a large open row boat, a sweet young lady, dsb
- Berbagai macam adjectives, yang bersifat describing, numbering,
classifying, misalnya two strong legs, sharp white fangs, dsb
- Relation verbs untuk memberikan informasi tentang subjek, misalnya My mum is really cool, it has very thick fur.
- Thinking verbs dan feeling verbs untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek, misalnya Police believe the suspect is armed, I think it is a clever animal, dsb
- Action verbs, misalnya Our new puppy bites our shoes, dsb
- Adverbials untuk memberikan informasi tambahan tentang perilaku tersebut misalnya fast, at the tree house dsb
- Bahasa figurative, seperti simile, metaphor, misalnya John is white as chalk
2. Contoh dan struktur Teks
My Pet

Pengenalan subjek I have a pet. It is a dog, and I call it Brownie.
( Identification )

Ciri – ciri Brownie is a Chinese breed. It is small, fluffy and cute. It has
( Description ) got thick brown fur. When I cuddle it the fur feels soft .
Brownie does not like bones.Everyday it eats soft food like
streamed rice, fish or bread.Every morning I give her milk and
bread.When I am at school, Brownie plays with my cat.
They get along well, and never fight maybe because Brownie does
not bark a lot.It treats the other animals in our house gently,
and it never eats shoes.Brownie is really a sweet and friendly
animal.



PROCEDURE TEXT

1. Ciri Umum
a. Tujuan Komunkatif Teks
memerikan atau memberi petunjuk cara melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan atau langkah.

b. Struktur Teks
- Tujuan kegiatan ( Goal )
- Bahan – bahan ( Material )
- Langkah – langkah ( Procedure )

c. Ciri Kebahasaan
Menggunakan :
- Pola kalimat imperative
- Action verbs, misalnya turn, put, cut , mix, dsb
- Connectives untuk mengurutkan kegiatan, misalnya then, while, dsb
- Adsverbials untuk menyatakan rinci waktu, tempat, cara yang akurat, misalnya for five minutes, 2 centimetres from the top.

2. Contoh dan struktur teks

Tujuan To find things that dissolve in water
( Goal )

Bahan Essence
( Materials ) Jelly crystals
Sand
Sugar
Salt
Water
Cups
Drink bottle



Langkah – langkah 1. Put some each material in each cup
( Steps ) 2. Add the material to a cup of water
3. Watch carefully what happens




REPORT TEXT


1. Ciri Umum
a. Tujuan Komunikatif Teks

Menyampaikan informasi tentang sesuatu apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang dideskripsikan dapat meliputi gejala alam, lingkungan benda buatan manusia, atau gejala – gejala sosial. Deskripsi sebuah teks report dapat berupa simpulan umum, misalnya ikan paus termasuk binatang mamalia karena ikan tersebut melahirkan anaknya. Untuk membuat laporan semacam ini, siswa perlu mengamati dan membandingkan ikan paus dengan binatang lainnya yang memiliki ciri – ciri yang sama.
Siswa dapat mencoba membuat teks laporan tentang, misalnya, rumah sangat sederhana, warung tegal, sekolah , rumah sakit dsb. Dengan mendeskripsikan ciri – ciri subjek tersebut sehingga disebut rumah sederhana, dsb.

b. Struktur Teks
- Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan dan klasifikasinya. ( general classification )
- Deskripsi ( Description )

c. Ciri Kebahasaan
Menggunakan :
- General nouns seperti " Reptiles in Komodo island "
- Relating verbs untuk menjelaskan cirri, misalnya reptiles are scary animals ( ciri ini berlaku untuk semua reptilian )
- Action verbs dalam menjelaskan perilaku, misalnya lizards can not fly.
- Present tense untuk menyatakan suatu yang umum, misalnya komodo dragons usually weight 160 kg.
- Istilah tehnis misalnya water contains oxygen and hydrogen.
- Paragraf dengan topic sentence untuk menyusun sebuah informasi
2. Contoh dan struktur Teks :

Cheetah

Pernyataan umum Cheetahs are big cats
( General classification )

They run fast
Deskripsi They have sharp teeth
( Description ) They have black spots
They have furry skin

Catatan : Ini termasuk report karena , berdasarkan pengamatan . Semua cheetah
memiliki ciri – ciri tersebut.

MAPPING STANDARD KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

KELAS VII ( Tujuh )

Semester I

1. SK 1 dan 3
KD Listening 1.1 dan KD Speaking 3.1 & 3.2 : Merespon makna, melakukan, tindak tutur :
- Menyapa orang yang belum / sudah dikenal
- Memperkenalkan diri sendiri / orang lain
- Memerintah atau melarang
2. SK 1 dan 3
KD Listening 1.2 dan KD Speaking 3.1 & 3.3 : Merespon makna, mengungkapkan makna, melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat, tindak tutur :
- Meminta dan memberi informasi
- Mengucapkan terima kasih
- Meminta maaf
- Mengucapkan kesantunan
( SK 3.1 boleh digabungkan dengan Silabus yang cocok bagian dari PBM )
3. SK 2 dan 4
KD Listening 2.2 dan KD 4.2 : Merespon makna, mengungkapkan makna, Short Functional Text :
- Instruction
- Shopping List
- Greeting Card
- Announcement
4. SK 2 dan 4
KD Listening 2.2 dan KD 4.2 : Merespon makna gagasan, mengungkapkan makna gagasan, Short Functional Text :
- Instruction
- Shopping List
- Greeting Card
- Announcement
5. SK 5 dan 6
KD Reading 5.1, 5.2 dan KD 6.1 : Membaca nyaring bermakna, mengungkapkan makna gagasan : Short Functional Text :
- Instruction
- Shopping List
- Greeting Card
- Announcement
6. SK 6
KD 6.2 : Langkah Retorika : Mengungkapkan langkah retorika : Mengungkapkan langkah retorika : Short Functional Text ( boleh di gabungkan ke silabus yang cocok, bagian dari PBM )

Semester II

1. SK 7 dan 8
KD Listening 7.1 dan Speaking 9.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna, tindak tutur :
- Meminta dan memberi jasa
- Meminta dan memberi barang
- Meminta dan memberi fakta
2. SK 7 dan 9
KD Listening 7.2 dan Speaking 9.2 : Merespon makna, mengungkapkan makna, Tindak tutur :
- Meminta dan memberi pendapat
- Menyatakan suka dan tidak suka
- Meminta klarifikasi
- Merespon secara interpersonal
3. SK 8 dan 10
KD Listening 8.2 dan Speaking 10.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Short Functional Text :
- Instruksi
- Daftar Barang
- Ucapan Selamat
- Pengumuman
4. SK 8 dan 10
KD Listening 8.2 dan Speaking 10.2 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Monolog, Descriptive dan Procedure
5. SK 11 dan 12
KD 11.2, 11.3 dan 12.2 : Merespon makna dan langkah retorika, membaca nyaring, mengungkapkan makna : Monolog, Descriptive, dan Procedure
6. SK 11 dan 12
KD 11.1 dan 12.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Fungsional pendek
( boleh di gabungkan dengan yang cocok )


KELAS VIII ( Delapan )

Semester I

1. SK 1 dan 3
KD Listening 1.1 dan KD Speaking 3.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna, Tindak tutur :
- Meminta, memberi, menolak jasa
- Meminta, memberi, menolak barang
- Mengakui, mengingkari fakta
- Meminta, memberi pendapat
2. SK 1 dan 3
KD Listening 1.2 dan KD Speaking 3.2 : Merespon makna, memahami dan merespon, mengungkapkan makna, Tindak tutur :
- Mengundang
- Menerima dan menolak ajakan
- Menyetujui / tidak menyetujui
- Memuji
- Memberi selamat
3. SK 2 dan 4
KD Listening 2.1 dan KD Speaking 4.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna, Short Functional Text : Undangan
4. SK 2,4 dan 5
KD Listening 2.2,4.2 dan KD 5.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna dan membaca nyaring : Monolog Descriptive dan Recount
5. SK 5 dan 6
KD Reading 5.2 dan KD 6.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Undangan
6. SK 5 dan 6
KD Reading 5.3 dan KD Writing 6.2 : Merespon makna dan langkah retorika dan mengungkapkan makna langkah retorika : Monolog, Descriptive dan Recount

Semester II

7. SK 7 dan 9
KD Listening 7.1 dan Speaking 9.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna, Tindak tutur :
- Meminta, memberi, menolak jasa
- Meminta, memberi, menolak barang
- Meminta, memberi, dan menolak pendapat
- Menawarkan, menerima, menolak sesuatu
8. SK 7 dan 9
KD Listening 7.2 dan Speaking 9.2 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Tindak tutur :
- Meminta, memberi persetujuan
- Merespon pernyataan
- Memberi perhatian terhadap pembicara
- Mengawali, memperpanjangkan, menutup percakapan
- Mengawali, memperpanjangkan, menutup percakapan telepon
9. SK 8 dan 10
KD Listening 8.1 dan Speaking 10.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Short Functional Text :
- Invitation
- Short Message
- Notices
10. SK 8 dan 10
KD Listening 8.2 dan 10.2 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Monolog, Narrative dan Recount
11. SK 11 dan 12
KD 11.2 dan 12.2 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Monolog, Narrative dan Recount
12. SK 11 dan 12
KD 11.1, 11.3 dan 12.1 : Membaca nyaring, Merespon makna dan langkah retorika, mengungkapkan : Monolog, Narrative dan Recount
( KD 11.1 boleh dimasukkan ke KD lain yang dianggap cocok )


KELAS IX ( Delapan )

Semester I

1. SK 1 dan 3
KD Listening 1.1 dan KD Speaking 3.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Tindak tutur :
- Meminta, memberi kepastian
- Mengungkapkan dan menanggapi keraguan
2. SK 1 dan 3
KD Listening 1.2 dan KD Speaking 3.2 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Tindak tutur :
- Meminta pengulangan
- Menunjukkan perhatian
- Menyatakan kekaguman
3. SK 2 dan 4
KD Listening 2.1 dan KD Speaking 4.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Short Functional Text :
- Advertisement
- Personal Letter
- Brochure

4. SK 2,4 dan 5
KD Listening 2.2, 4.2 dan KD 5.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna dan membaca nyaring : Monolog, Procedure dan Report
5. SK 5 dan 6
KD Reading 5.2 dan KD 6.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna, Short Functional Text ;
- Advertisement
- Personal Letter
- Brochure
6. SK 5 dan 6
KD Reading 5.3 dan KD Writing 6.2 : Merespon makna dan langkah retorika, mengungkapkan makna dan langkah retorika : Monolog, Procedure dan Recount

Semester II

7. SK 7 dan 9
KD Listening 7.1 dan Speaking 9.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Tindak tutur :
- mengungkapkan kesantunan
8. SK 7 dan 9
KD Listening 7.2 dan 9.2 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Tindak tutur :
- Memberi berita yang menarik perhatian
- Memberi komentar terhadap berita
9. SK 8 dan 10
KD Listening 8.1 dan Speaking 10.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna : Short Functional Text :
- Iklan
- Surat Pribadi
10. SK 8 dan 10
Kd Listening 8.2 dan Speaking 10.2 : Merespon makna, mengungkapkan makna: Monolog, Narrative dan Report
11. SK 11 dan 12
KD 11.2 dan 12.1 : Merespon makna, mengungkapkan makna :
- Iklan
- Surat Pribadi
12. SK 11 dan 12
KD 11.1, 11.3 dan 12.2 : Membaca nyaring, merespon makna dan langkah retorika, mengungkapkan makna dan langkah retorika : Monolog, Narrative dan Recount